DEBAT TOKOH

Walupun sekarang lagi populer tokoh-tokoh Anggodo, Anggoro, Kapolri, Kajagung, Chandra – Bibit. Namun disini sama sekali tidak tertarik dengan permasalahan yang sedang menimpa tokoh-tokoh tersebut. Pada materi tokoh dan penokohan, strategi yang diterapkan untuk menyajikan materi ini adalah dengan diskusi atau lebih cenderung debat. Apakah ini PAIKEM, CTL atau apa yang jelas saya berupaya untuk menyajikan materi ini agar lebih menarik. Skenario diskusinya adalah :
1. Guru membacakan penggalan naskah cerita pendek disini format doc(atau yang ini format pdf)
2. Siswa memperhatikan tokoh-tokoh yang terlibat (Paijah, Paijo, Paiman, Paimin, Paidi)
3. Siswa dibentuk menjadi 5 kelompok, (kel. Paijo, Kel Paijah, Kel Paiman, kel Paidi, kel Paimin)
4. Kelompok diberi waktu 15 menit untuk membuat yel-yel yang harus diiringi musik. alat musik berupa kaleng, botol atau yang lainnya yang dicari spontan disekitar halaman sekolah
5. Tiap kelompok bertugas meyakinkan kepada kelompok lain bahwa tokoh yang ditentukan tidak bersalah. Misalnya, jika nama kelompoknya adalah Paijo, maka kelompok tersebut harus meyakinkan kepada kelompok lain bahwa Paijo tidak bersalah. kemudian mencari tokoh lain yang paling bersalah.
6. Kelompok lainnya berusaha juga mempertahankan, jika kelompok yang sedang di depan menyalahkan tokoh kelompoknya.
Selama kegiatan berlangsung semua siswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini

DSCF1417

DSCF1418

DSCF1424

DSCF1428

s2b2010

4 Komentar

Filed under gagasan, info pembelajaran

4 responses to “DEBAT TOKOH

  1. fahlevi.A

    Anak SMA 1 memang kreatif ya terusin bakatnya ok…!!!

  2. rizky X.3

    tidak salah saya memilih SMA 1 untuk tempat saya menuntut ilmu..karena SMA 1 adalah sekolah yang terbaik menurut saya..visi dan misi nya adalah yang terbaik……!!!!!1

    LANJUTKAN………….!!!!!!!!!Ok,,,

  3. Saya Alumni SMA Negeri 1 Ampah ( 1996 ). Dari sanalah saya dibentuk,ditempa sehingga menjadi manusia yang yang berhasil ( menurut saya ). Saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa bahwa membaca sangat penting bagi seseorang untuk menambah wawasannya. Apalagi kalau seseorang tersebut gemar menulis. Bahkan waktu kuliah dulu dosen sampai melarang mahasiswa menghabiskan waktu untuk tidur. Alasannya berapa banyak ilmu yang dapat diperoleh ketika kita menggunakan waktu tidur tersebut dengan membaca. BRAVO SMAN 1 Dusun Timur : Mau berbagi Info Pendidikan, Artikel, Serba-serbi Berita Link ke blog saya > http://gloriasuter.wordpress.com

  4. Basori

    bagus …..good……

Tinggalkan Balasan

